Rabu, 21 Maret 2012

Kaitan manusia dan kebudayaan



Manusia merupakan suatu organism hidup (living organism) apa bila di hubungkan nya dengan lingkungan , seperti yang kita ketahui manusia sangat erat kaitan nya dengan kebudayaan . kebuyaan itu bisa dikatakan bahwa sebagai ciri khas manusia yang menggunakan kebudayaan tersebut .Jadi itu adalah tanggung jawab manusia untuk melestarikan kebuyaan tersebut agar tidak terpengaruh kebudayaan lain karena itu adalah warisan dari leluhur kita . 
Dilihat dari sisi lain hubungan manusia dengan kebudayaan saling berkaitan ini serta dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat (diaektis) . proses diaektis ini dapat terwujud melalui tiga tahap yaitu :
Ø  Eksternalisasi : proses manusia mengekspresikan dirinya dengan membangundunianya . dengan proses eksternalisasi ini manusia bisa menghasil kan karya yang nyata .
Ø  Obyektivasi : proses dimana masyarakat menjadi realisasi obyektif, yaitu suatu  kenyataan yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia dengan demikian manusia atau masyarakat prilaku sosialnya akan mempengaruhi sehingga membentuk prilaku manusia .
Ø  Internalisasi : proses dimana masyarakat di sergap oleh manusia , maksudnya bahwa manusia mempelajari kembali masyarakatnya sendiri agar dia dapat hidup dengan baik .

Manusia bisa dikatakan adalah makhluk yang paling sempurna dimuka bumi ini yg di ciptakan allah swt. karena manusia dapat menciptakan kebudayaan nya sendiri dari kegiatan sehari-hari dan kejadian –kejadian tertentu, kebudayaan di lwariskan secara turus temurun / dari generasi ke generasi berikut nya sehingga  kebudayaan tersebut tidak akan punah atau hilang .
Di dalam kebudayaan manusia memiliki beberapa kedudukan yaitu sebagai berikut :
1.      Manusia sebagai penganut kebudayaan.
2.      Manusai sebagai pembawa kebudayaan.
3.      Manusia sebagai manipulator kebudayaan.
4.      Manusia sebagai pencipta kebudayaan.
Sebenarnya tingkah laku atau kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan oleh manusia bisa di dikatakan  sebudah kebuyaan , kebuyaan juga sering di kait-kaitan dengan seni karena setiap kebudayaan memiliki ciri khas dan keindahan masing-masing apa lagi di Indonesia ini bnyak memiliki keanekaragaman budaya , sehingga orang-orang asing pun yg tinggal di luar Indonesia tertarik untuk mempelajari atau meneliti kebudayaan Indonesia . 

Manusia dan kebudayaan mempunya banyak unsur –unsur dan manfaat dalam kehidupan dan selalu mengalami perubahan-perubahan dan perkembangan-perkembangan sesuai dengan jaman karana kehidupan manusia banyak sekali perubahan seiring dengan berjalan nya waktu jadi itu saling mempengaruhi.












Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar